IT Telkom menjadi Tuan Rumah Komurindo 2013

Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) menjadi tuan rumah Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo) 2013.  Komurindo merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI), serta LAPAN sebagai tim Teknis.

Kompetisi terdiri dari dua kategori yakni Roket Electronic Ducted Fan (EDF) dan Roket Payload. Jika pada kategori payload roket temanya adalah High Rate Attitude Data Monitoring and Surveillance Payload maka untuk kategori roket EDF tema yang diangkat adalah Autonomous Low Speed EDF Rocket, yaitu rancang bangun roket yang dapat dikendalikan menggunakan motor roket tipe EDF (Electric Ducted Fan). Untuk permulaan, roket yang didesain tidak boleh melebihi berat 1,5 kg dengan panjang tubuh dari kepala hingga ekor tidak boleh melebihi 1 m.

Melalui Komurindo 2013,  DIKTI ingin menumbuhkan rasa persatuan dan nasionalisme, serta cinta kedirgantaraan di kalangan mahasiswa. Komurindo juga bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa daalam hal rancang bangun dan pengujian roket payload –nya. Selain itu Komurindo juga bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam teknologi pengindraan jauh dan sistem otomasi robotika pada muatan roket.

Sebagai tuan rumah Komurindo 2013, IT Telkom telah menyelenggarakan workshop   Komurindo di Gedung GSG IT Telkom, Sabtu (13/04/2013).  Sedangkan peluncuran dan penjurian roket akan dilaksanakan di kawasan Pameungpeuk Jawa Barat pada 31 Mei-2 Juni 2013.
Reporter : Risca Tresmianti

diambil dari link http://www.ittelkom.ac.id/index.php/article/lipsus-it-telkom-menjadi-tuan-rumah-komurindo-2013

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s