SISTEM INFORMASI MANAJEMEN EDOM ( EVALUASI DOSEN OLEH MAHASISWA ) Online di Universitas Indonesia

I.  PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

                        Direktorat PPSI UI merupakan Direktorat yang menangani Pengembangan Sistem Informasi dan memberikan pelayanan dukungan Teknologi Informasi kepada Civitas Akademika di lingkungan Universitas Indonesia. Sehingga melalui aplikasi yang dibangun oleh tim IT dari PPSI, maka diharapkan dapat memperlancar kegiatan di administrasi direktorat lainnya. Selain itu PPSI diharapkan dapat memenuhi kebutuhan Teknologi Informasi bagi segenap warga Universitas Indonesia untuk mendukung terlaksananya “Tridarma Perguruan Tinggi” (Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat) dan tercapainya “Trilogi Pengembangan Universitas Indonesia” (Keterpaduan, Otonomi, Reseach University).

Produk yang dihasilkan oleh PPSI adalah aplikasi atau Sistem Informasi untuk Lingkungan Universitas Indonesia. Salah satu contoh Software  aplikasi atau Sistem Informasi yang telah dihasilkan oleh PPSI yaitu EDOM .

EDOM (Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa) adalah instrumen untuk menilai kinerja dosen dalam proses pembelajaran di akhir semester karena Universitas Indonesia memiliki motto peduli mutu. Universitas Indonesia menghabiskan Rp 50 juta per semester untuk membiayai pencetakan dan pemrosesan formulir EDOM kertas. Dengan menggunakan sistem informasi online, maka dana sebanyak itu bisa dihemat untuk keperluan lain. EDOM ini bersifat anonim dimana identitas mahasiswa tidak pernah dicatat ketika mengisi formulir EDOM. Hal ini tetap dipertahankan di EDOM online. Dengan mengisi EDOM berarti mahasiswa telah berpartisipasi untuk membantu meningkatkan mutu pembelajaran. Sedangkan untuk dosen, EDOM ini bermanfaat untuk memperbaiki diri bila memang masih terdapat kekurangan serta mengembangkan potensi dan kelebihan yang dimilikinya. Bagi manajemen Universitas, fakultas, dan departemen (program studi), hasil EDOM dapat dijadikan acuan dalam menyusun program peningkatan mutu proses pembelajaran dan  kinerja dosen. Dan yang terpenting bagi mahasiswa, dapat merasakan peningkatan mutu proses pembelajaran yang terus menerus. Untuk memotivasi mahasiswa mengisi EDOM, nilai kuliah yang bersangkutan akan ditahan selama dua minggu setelah batas penyerahan nilai akhir oleh dosen selama formulir EDOM belum diisi.

B. MASALAH

  1. Bagaimana proses jalannya aplikasi EDOM di Universitas Indonesia ?

C. TUJUAN

  1. Untuk mengetahui proses jalannya aplikasi EDOM di Universitas Indonesia.

 

II. PEMBAHASAN

                        Di UI penilaian dosen oleh mahasiswa disebut dengan Evaluasi Dosen OlehMahasiswa yang disingkat dengan EDOM. Penilaian disini menyangkut kinerja dosen dalam proses belajar mengajar dan mencakup bukan hanya kemampuan dosen dalam     menyampaikan materi pengajaran tapi juga terkait erat dengan berbagai aspek interaksi  dosen dan mahasiswa serta suasana/atmosfir lingkungan pengajaran. Komponen yang  dinilai meliputi:

  1. Persiapan dosen untuk mengajar
  2. Materi pengajaran
  3. Penyampaian materi oleh dosen
  4. Pengelolaan kelas (atmosfer akademik)
  5. Evaluasi Pengajaran

EDOM di UI dilakukan setiap semester terhadap semua dosen, dan telah menjadi kegiatan rutin di fakultas. Setiap fakultas atau program studi dapat melakukan modifikasi       dari komponen-komponen yang dinilai sesuai dengan metoda pembelajaran yang digunakan.

Disini SIM sangat berperan , karena jika mahasiswa tidak mengisi EDOM terlebih dahulu maka secara otomatis nilai kuliah yang bersangkutan akan ditahan selama dua minggu setelah batas penyerahan nilai akhir oleh dosen selama formulir EDOM belum diisi.

III.  PENUTUP

1. KESIMPULAN

            Dengan SIM yang sangat berperan ini , membuat mahasiswa mau tidak mau harus mengisi EDOM terlebih dahulu jika ingin melihat nilai kuliah yang dikeluarkan oleh dosen.

2. REKOMENDASI

EDOM ini merupakan kebijakan yang sudah baik , selebihnya harus tetap   berjalan.

Kalau bisa kebijakan ini disosialisasikan ke Perguruan Tinggi lainnya , terutama      Perguruan Tinggi Negeri , selain dapat memacu kinerja dosen , mahasiswa juga akan lebih selektif apabila ada dosen yang tidak serius dalam mengajar.

 

Link web SIM –> http://edom.ui.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s