7 CHARACTERS OF HIGH ACHIEVER

Karakter merupakan potret diri seseorang yang sebenarnya. Setiap orang memiliki karakter dan karakter dapat menggambarkan diri seseorang apakah baik atau buruk. Karakter sebenarnya terjadi pada saat apa yang kita lakukan tidak ada yang memperhatikan tingkah kita. Perilaku berkaitan dengan karakter , dimana perilaku ialah apa yang dilakukan sedangkan karakter adalah kumpulan perilaku yang tampil didepan umum maupun saat sendiri dirangkai secara konsisten didalam kehidupan , pola perilaku yang berulang – ulang apakah itu baik / buruk / membentuk dan memperkuat karakter seseorang.

Sukses : selalu melakukan kebiasaan yang benar

Gagal : selalu melakukan kebiasaan yang salah

Kebiasaan sangat diperlukan untuk membebaskan pada pikiran tertentu agar dapat berkonsentrasi menjalani hidup setiap harinya. Kebiasaan buruk yang membelenggu dapat menghalangi kesuksesan.

Membentuk kebiasaan baik memang sulit namun akan membuat hidup lebih mudah.

o)  Pola kebiasaan buruk

Hidup dikendalikan pikiran bawah sadar sehingga kebiasaan buruk yang terpola, pikiran bawah sadar akan mengontrol semua perilaku secara dominan. Setiap orang tidak akan bisa mengubah karakter sebelum mengubah kebiasaan sedangkan kebiasaan tidak dapat diubah sebelum mengubah pola pikir.

Merencanakan kebiasaan baru untuk membentuk kebiasaan baik lainnya, dengan mengembangkan kebiasaan baru maka hidup akan selaras dengan impian.

o)  Kharisma, kompetensi dan karakter

Pencapaian-pencapaian besar membutuhkan karakter yang kuat untuk menopang seseorang. Karakter menjadi pondasi atau tumpuan pada saat masa sulit. Karakter menciptakan suatu dasar yang dapat membangun kharisma dan kompetensi.

o)  Pentingnya karakter

Ketiadaan karakter yang mendukung dalam pencapaian sukses mengakibatkan banyak hal buruk yang terjadi pada hidup, termasuk dalam mencapai kesuksesan. Fokus kekuatan karakter, akan memberikan umur panjang dalam pencapaian kesuksesan. Bertahannya pencapaian sukses harus dibangun diatas karakter yang baik karena karakter yang baik akan melindungi pencapaian (prestasi) dan mencegah terjadinya penyesalan.

7 kualitas karakter, antara lain :

1.  Keberanian

Suatu kualitas pikiran dan tindakan seseorang untuk menghadapi rasa takutnya.  Berani melangkah untuk menggapai impian yang tinggi dan meninggalkan zona nyaman. Dalam mencapai hidup yang sukses membutuhkan keberanian yang disertai dengan keyakinan yang matang.

Cara untuk  menambah keberanian adalah melakukan apa yang kita takuti.

2.  Kedisiplinan

Kemampuan untuk mengarahkan diri sendiri untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan, bukan melakukan apa yang diinginkan saja. Sikap yang membawa pencapaian kesuksesan yaitu menanamkan kedisiplinan. Kebiasaan baik membutuhkan kedisiplinan.

3.  Kejujuran

Keselarasan antara pikiran, perkataan, dan tindakan yang menuju kebenaran. Menggapai sukses dengan mempertahankan kualitas karakter. Kualitas kejujuran menunjukan integritas seseorang. Dengan memiliki integritas maka akan membawa kehidupan seseorang lebih baik dan terhormat. Seseorang yang mempunyai integritas tinggi, akan selalu konsisten dengan nilai-nilai hidupnya, sehingga akan menarik peluang yang datang.

“ Kejujuran menunjukkan siapa diri kita sebenarnya “

4.  Kebaikan

Kualitas sikap dan tindakan menunjukkan kepedulian besar terhadap orang lain dengan mengorbankan kepentingan diri sendiri. Seperti halnya bersikap baik kepada orang lain maka kebaikan tersebut akan berbalik pada diri sendiri. Hidup seperti bumerang, apa yang kita miliki akan bisa lepas dan akan kembali lagi pada diri kita.

5.  Kerendahan Hati

Sikap hati yang tidak membanggakan diri sendiri. Rendah hati tidak sama dengan rendah diri atau yang mengarah pada rasa minder. Rendah hati merupakan suatu tanda kebesaran seseorang yang dimiliki oleh high achiever, agar tidak menjadinya sombong ketika mencapai suatu kesuksesan yang dia gapai. Kesuksesan dan kerendahan hati harus berjalan seiring. Jangan sampai pencapaian kesuksesan akan kandas. Rendah hati akan membuat seseorang yang diatasnya merasa lebih nyaman dan membuat seseorang yang dibawahnya tidak merasa minder. Seseorang yang memiliki sikap rendah hati selalu mengakui jika kemampuannya berasal dari Tuhan, dan tanpa Tuhan tidak dapat berbuat apa-apa. Kerendahan hati yang sebenarnya, tidak memandang rendah orang lain.

6.  Ketekunan

Upaya yang terus menerus dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu tanpa menyerah, hingga meraih keberhasilan. Tidak ada sesuatu yang bernilai dapat diraih tanpa adanya ketekunan. Seseorang harus menghadapi berbagai tantangan dan yakin bahwa yang dilakukannya adalah benar. Orang biasa dengan ketekunan yang luar biasa, mereka memiliki keinginan yang kuat untuk mengerjakan apapun, asalkan mampu mencapai tujuan.

7.  Kegigihan

Kekuatan jiwa seseorang untuk bertahan menghadapi berbagai tekanan dan tantangan hidup. Karakter kegigihan tidak akan mudah menyerah dan tahan banting dengan adanya suatu cobaan yang dihadapi. Dengan kegigihan, maka seseorang akan menemukan berbagai cara untuk mencapai sesuatu.

Keberhasilan sama dengan serangkaian kemenangan-kemenangan kecil yang ada dalam hidup seseorang.

Karakter harus dikembangkan secara sadar dan continue. Karakter tidak bisa diwariskan, dibeli dan ditukar. Setiap orang bertanggung jawab atas karakternya, yaitu dengan mengembangkan kualitas karakter.

 

 

Sumber : Haryanto Kandani, Edutorial Audio Book “ 7 Characters of High Achiever “

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s