FIS UNESA START PEMILIHAN MAHASISWA BEPRESTASI

Camera 360

Sore tadi (22/3)  tepatnya pukul 15:05 WIB , pemilihan mahasiswa berprestrasi (MawaPres)  di FIS UNESA dilaksanakan. Jumlah peserta yang tidak memenuhi ruang I6 tersebut , ternyata terjadi peningkatan frekuensi pada tahun sebelumnya. Peserta MawaPres tahun lalu hanya sekitar ± 20 mahasiswa saja , sedangkan tahun ini lebih dari 20 mahasiswa.

“Peningkatan kuantitas peserta pada tahun ini , juga diharapkan adanya peningkatan kualitas para peserta” ujar bu Ani selaku moderator acara.

Pemilihan MawaPres di FIS rutin dilakukan tiap bulan Maret . Beda dengan Fakultas lainnya yang selalu mepet dengan penyeleksian tingkat Universitas, FIS selalu lebih awal dalam mengadakan penyeleksian tingkat Fakultas. Mendahului penyelenggaraan dengan tujuan agar pemenang yang ada ditingkat fakultas terutama FIS bisa mempersiapkan dengan matang untuk menempuh seleksi ke tingkat Universitas.

Dalam pemilihan MawaPres ini , dihadirkan 4 dosen penguji , diantaranya Hananto Widodo, SH,MH dosen dari prodi Hukum , Drs. Y. Hanan Pamungkas ,MA dosen dari prodi Pendidikan Sejarah , Drs. Pambudi Handoyo, S.Sos ,MA dosen dari prodi Sosiologi dan Sukma Perdana Prasetya, S.Pd, M.T dosen dari prodi Pendidikan Geografi. Masing – masing juri mengawali Desk Evaluation sebagai seleksi pertama.

Pada seleksi pertama ini , dosen penguji meminta peserta untuk menjelaskan resume makalah yang telah dibuat dengan tema yang sudah ditentukan yaitu “Menuju Indonesia yang Sejahtera , Demokrasi dan Berkeadilan “ ,dan sesekali dosen penguji bertanya menggunakan bahasa inggris untuk menguji kemampuan berbahasa inggris para peserta yang juga sebagai syarat untuk menjadi finalis mahasiswa berprestasi.

“ Tidak ada persiapan khusus sih buat seleksi pertama ini , Cuma menguasai materi yang saya jadikan bahan makalah dan sedikit penguasaan vocab bahasa inggris buat wawancara saja” pengakuan Novanda salah satu peserta dari prodi D3 Administrasi Negara.

Tingkat frekuensi peserta yang semakin meningkat membuat acara memakan waktu yang cukup lama. Seleksi ini berakhir hingga pukul 18:30 WIB.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s